Kamis, 22 September 2011

2 Cara sederhana menjadi penulis berkualitas

MENJADI blogger dan penulis itu mudah. Hanya dengan membuat sebuah blog atau akun di platform tertentu Anda sudah bisa menyebut diri sebagai blogger. Hanya dengan membuat minimal 1 tulisan Anda sudah bisa disebut penulis. Namun menjadi blogger dan penulis saja tidak cukup. Di era penuh persaingan saat ini Anda harus mengupayakan diri menjadi blogger atau penulis berkualitas, atau penulis profesional, supaya apa yang ditulis bisa memberi dampak dan menghadirkan nilai tambah untuk pembaca. Bagaimana caranya menjadi blogger dan atau penulis profesional? Ada dua cara sederhana yang bisa dilakukan. Yakni banyak membaca dan banyak menulis.
Hanya segitu? Ya. Hanya segitu. Sesederhana itu? Ya

Pertama >>
Kita mulai dengan membaca.
Apa saja yang perlu dibaca? Untuk menjadi penulis berkualitas dan profesional, Anda harus membaca tulisan yang bagus dan juga yang jelek. umumnya, sebuah tulisan disebut bagus jika memenuhi beberapa aspek teknis seperti tata bahasa, kosa kata, cara bertutur, gaya bahasa, dan sebagainya. Sedangkan  kriteria tulisan yang jelek juga relatif. Namun umumnya tulisan disebut jelek jika tata bahasanya buruk, miskin kosa kata, gaya bahasa berbelit, tidak fokus dan sebagainya. Ciri yang mudah dikenal adalah tulisan itu menjadi tidak menarik.

Kedua >>
Menulis dan terus menulis

Setelah banyak membaca, Anda tentu saja harus banyak menulis. Banyak membaca saja tidak akan membuat Anda menjadi penulis. Apa yang harus ditulis? Ya apa saja. Yang disarankan adalah tuliskan topik atau tema yang Anda sukai, atau bidang yang dikuasai. Atau bagikan pengalaman Jadi, teruslah menulis dan menulis. Semakin sering menulis Anda akan menemukan irama dan gaya. Ibarat lagu, lama-kelamaan Anda akan menemukan nada yang tepat. Anda akan lebih fasih berolah kata dan bisa menemukan teknik yang tepat bagaimana merealisasikan gagasan dalam bentuk kata-kata. Jika terus menulis, sambil terus belajar dan mengamati tulisan orang lain, lambat laun kualitas tulisan Anda akan meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tuangkan komentar anda di sini!